Rabu, 31 Juli 2013

GAMBARAN UMUM KECAMATAN KADEMANGAN



 GAMBARAN UMUM KECAMATAN KADEMANGAN

Kecamatan Kademangan merupakan salah satu dari lima Kecamatan yang ada di Kota Probolinggo. Kecamatan Kademangan terletak Pada 7° 43’ Lintang Selatan dan 113° 13’ Bujur Timur, dengan ketinggian daerah ± 4 M s/d 36 M dari permukaan laut.
Luas Wilayah Kecamatan Kademangan tercatat 12,754 Km² yang terbagi menjadi 6 (enam) Kelurahan dengan batas – batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan Selat madura, sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan mayangan dan Kecamatan Kedupok, Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sumberasih Kabupaten Kota Probolinggo. 
Suhu udara maksimum tercatat 32°C sedang suhu udara minimum tercatat 26°C. Kecamatan Kademangan mengalami perubahan iklim 2 jenis setiap tahun yaitu musim kemarau dan musim Penghujan. Namun pada tahun 2011 hanya Bulan Juni sampai Bulan Agustus dan Bulan September tidak pernah terjadi hujan atau musim kemarau, sehingga pada 4 bulan itu suhu udara terasa sangat panas. Rata – rata pada tiap bulannya jumlah curah hujan diatas 50 mm kecuali pada bulan Oktober dan November jumlah curah Hujan di bawah 50 mm. Pada bulan Oktober 2011 merupakan jumlah curah hujan yang terkecil yaitu 3 mm. Sedangkan Jumlah curah hujan terbanyak berada pada bulan Februari 2011 sebesar 387 mm dengan jumlah 14 hari hujan. Jumlah ini meningkat tajam bila dibandingkan dengan 2010, pada bulan yang sama yang pada saat itu curah hujan berjumlah 262 mm dengan hujan 9 hari, dan suhu udara diantara bulan tersebut bisa dirasakan sangat dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar